Cara Menghilangkan Malware di Android

Cara Menghilangkan Malware di Android

Cara Menghilangkan Malware di Android Secara Tuntas – Banyak orang yang tidak hati-hati dalam menginstall aplikasi pihak ketiga. Hal tersebut akan berakibat sangat fatal. Sebab ponsel kita akan rentan terserang virus. Bahkan meski kita sudah menggunakan antivirus, sangat sulit untuk dihilangkan.

Hal tersebut akan berdampak sangat menjengkelkan bagi kita. Mulai dari sering lag, sering for close, hingga bootloop. Di bawah ini, akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan malware di android.

Cara Menghapus Virus yang Susah Hilang

Lakukan “Boot” ke “Safe Mode”

Langkah pertama booting ke posisi ‘Safe Mode’, sehingga akan lebih efektif dibanding dengan membeli antivirus yang mahal harganya. Selain itu, cara ini disebut sangat efektif jika dibanding dengan menggunakan smartphone yang malah harus sabar.

Fungsi dari mode ‘Safe Mode’ sebenarnya sangat sederhana, yakni mematikan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi non Play Store, termasuk dengan virus malware. Namun, fitur ini memiliki fungsi yang berbeda dari setiap smartphone.

Kemudian kita sering menemukan hal tersebut di menu power yang dipencet sedikit lama hingga muncul tulisan ‘Power Off’. Selanjutnya, akan muncul pilihan boot atau ‘Safe Mode’. Baru opsi yang terakhir adalah smartphone melakukan reboot.

Sedangkan dengan tips secara manualnya juga ada. Sebab, tidak sedikit orang menemukan fitur ‘Safe Mode’. Maka dari itu, gunakan cara lain. Yakni dengan memaksa mematikan ponsel. Caranya dengan Setting> Apps. Setting> Security> Device Administrators.

Selanjutnya, coba untuk disable aplikasi yang kemungkinan terinfeksi virus, melalui Device Administrator. Apabila sudah kembali ke kondisi normal. Segera kembali ke menu aplikasi, caranya masuk ke Setting dan uninstall. Apabila memang tidak bisa, maka anda harus melakukan factory riset.

Uninstall aplikasi bermasalah

Setelah langkah tersebut lakukan lagi cara selanjutnya, yakni menghapus aplikasi bermasalah. Caranya adalah ke menu setting dan cari kumpulan aplikasi di sana. Biasanya, aplikasi yang mungkin terinfeksi malware terdapat pada folder ‘Downloaded’. Cari dengan scroll ke bawah dan teliti aplikasi yang nampaknya mencurigakan.

Kemudian klik tombol uninstall. Namun apabila tidak bisa, sehingga aplikasi ini sudah aktif menjadi administrator. Sebab hal tersebut yang membuat kita mendeaktifnya. Anda cukup menuju ke ‘Device Administrator’ dan centang kotak pada aplikasi yang mencurigakan. Baru kemudian uninstall aplikasi tersebut.

Baca Juga  Cara Melacak Nomor HP Telkomsel

Reboot smartphone

Langkah selanjutnya adalah, uninstall semua aplikasi yang sekiranya terinfeksi. Kemudian ‘reboot’ perangkat Android anda ke mode normal. Caranya dengan mematikan ponsel anda dan kemudian hidupkan lagi. Ketika sudah hidup, ubah mode ‘Safe Mode’ ke mode normal.

Selain cara menghilangkan malware di android di atas, terdapat cara lain yang cukup mudah. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Easycap Viewer. Meski demikian, cara manual memang lebih aman meski sedikit rumit dibandingkan dengan mendownload aplikasi kembali.

Cara Mencegah Android Supaya Tak Terserang Malware

Ternyata, tidak hanya kesehatan manusia saja yang harus dijaga. Namun ponsel juga harus dijaga lebih baik dibandingkan dengan megobatinya. Sebab cara menghilangkan malware di android dinilai lebih menyulitkan pengguna. Maka dari itu, pengguna ponsel harus menjaganya dengan sangat baik.

Sehingga, supaya kamu tidak kesulitan dalam dalam menghapus malware, maka dari itu anda harus menjaganya. Berikut adalah cara mencegah virus malware di ponsel Android, Diantara adalah :

  • Jangan mendonwload file dari situs yang tidak aman secara sembarangan. Hal ini biasanya berada di website download gratis atau tidak menggunakan https.
  • Jangan sampai memasang aplikasi selain dari Playstore. Caranya adalah dengan me-nonaktifkan pilihan “izinkan memasang aplikasi dari pihak yang tidak diketahui (unknows sources)”.
  • Jangan sembarangan melakukan klik pada tautan yang tidak jelas, misalnya dari email, SMS, atau aplikasi chat. Apabila link tersebut dirasa adalah spam, maka abaikan. Apabila anda tidak kenal dengan pengirimnya, langsung saja blokir.
  • Selalu aktifkan antivirus, terlebih ketika terhubung dengan jaringan publik. Supaya jika muncul sebuah tautan yang mencoba masuk melalui backdoor, maka akan langsung terdeteksi dan diblokir.

Demikianlah sejumlah cara menghilangkan malware di android dan menjaga ponsel supaya tidak terserang virus malware. Mudah bukan caranya? Maka dari itu segera lakukan pencegahan supaya tidak menyesal karena ponsel kamu tidak terserang virus.

udemy course free downloadwordpress themes nulledfree download lynda coursewordpress plugins nulledfree download wordpress themeswordpress themes nulledlynda tutorial free downloadwordpress plugins crackeddownload wordpress themeswordpress plugins cracked

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here