Cara Screenshot di Komputer dan Laptop

Cara Screenshot di Komputer dan Laptop

Pilihan Cara Screenshot di Komputer dan Laptop Windows

Sebelum kemunculan aplikasi screenshot atau tangkapan layar beredar di pasaran, Windows sendiri sudah dibekali dengan fungsi ini secara bawaan. Dengan kata lain, cara screenshot di komputer dan laptop sendiri seharusnya sudah bukan lagi hal yang baru bagi pengguna Windows. Fungsi yang sudah hadir sejak versi Windows XP ini memang masih dihadirkan dan ditingkatkan hingga Windows 10 saat ini.

Cara Screenshot di Komputer dan Laptop Sebelum Windows 10

Kamu yang masih setia dengan versi Windows di bawah versi terbaru saat ini mungkin lupa atau belum mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot di perangkat. Versi Windows yang digunakan antara lain mulai Windows XP, Windows Vista, Windows 7 maupun Windows 8. Pilihan cara screenshot di komputer dan laptop sebelum Windows 10 adalah sebagai berikut:

Windows XP

Kamu bisa mengambil tangkapan layar melalui tombol Print Screen (PrtSc) lalu menempel hasil tangkapan tersebut dengan menekan kombinasi Ctrl+V (paste) di aplikasi lain yang mampu menangani gambar seperti Paint, Microsoft Word, Microsoft Power Point atau CorelDraw. Kamu juga memilih tangkapan layar tertentu dengan kombinasi tombol Alt+PrtSc lalu paste ke aplikasi lain.

Windows Vista dan Windows 7

Kamu bisa menggunakan alat yang dipersiapkan di Windows Vista, Windows 7 dan versi Windows lain yaitu Snipping Tools. Akses alat ini dari Start Menu di tab Accessories. Kamu bisa mengambil area tangkapan layar dengan klik new dan save setelah mengambil screenshot.

Windows 8

Kemampuan tangkapan layar kembali ditingkatkan pada versi Windows 8 dengan dukungan menyimpan hasil screenshot ke folder tertentu (di Pictures Library). Mengambil screenshot pun juga lebih mudah cukup dengan kombinasi tombol Windows dan Print Screen (PrtSc). Kamu juga masih bisa menggunakan Snipping Tools.

Cara Screenshot di Komputer dan Laptop Windows 10

Karena masih menggunakan basic dari versi Windows yang sebelumnya, maka cara screenshot di komputer dan laptop dengan OS Windows 10 pun mungkin tak jauh berbeda dari cara di atas. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Menggunakan Snipping Tool

Cara mengakses Snipping Tools dari Windows 10 pun juga masih sama yaitu dari Start lalu Accessories kemudian klik New. Kamu bisa mengambil screenshot dengan bidang persegi panjang lalu pilih area yang diinginkan menggunakan kursor. Pilihan area sendiri terbagi menjadi free form, window maupun full-screen yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk save hasil pekerjaanmu.

Baca Juga  Cara Menghapus Semua Postingan di FB

Menggunakan Print Screen (Tombol PrtSc)

Tombol ini masih Kamu gunakan di Windows 10 untuk mendapatkan tangkapan layar. Bedanya, Kamu tidak perlu repot menempel terlebih dahulu ke Paint atau aplikasi lain, cukup lihat folder pictures di penyimpanan atau Library komputer saja.

Menggunakan Kombinasi Windows + PrtSc

Aternatif lain untuk mengambil tangkapan layar secara penuh dan langsung menyimpannya ke folder Screenshots adalah menggunakan kombinasi tombol Windows dan PrtSc. Menekan kedua tombol ini secara bersamaan, maka monitor akan berkedip (sedikit lebih gelap) menkamukan gambar sedang diambil. Cara ini bisa Kamu pilih jika harus mengambil banyak screenshot secara beruntun untuk kemudian direview hasilnya belakangan.

Menggunakan Kombinasi Windows + H

Kombinasi dari kedua tombol ini akan memerintahkan Windows untuk menangkap tampilan layar lalu membagikannya (share) melalui kanal yang tersedia di sistem.  Segera setelah kombinasi Kamu tekan, maka Windows akan mengambil screenshot dan membuka share toolbar untuk dikirim melalui media sosial yang terinstal atau terhubung.

Menggunakan Kombinasi Alt + PrtSc

Masih sama dengan di versi Windows sebelumnya, kombinasi tombol ini juga bisa Kamu gunakan di Windows 10, meskipun dalam prosesnya Kamu harus repot menempel tangkapan layar di aplikasi pengolah gambar. Selain itu, Kamu harus menempel gambar tersebut satu persatu sebelum mulai menangkap layar selanjutnya.

Kombinasi Windows + Volume down (Pengguna Surface)

Cara ini hanya bisa digunakan oleh pengguna perangkat dengan Windows Surface, dimana screenshot ibsia diambil dengan kombinasi tombol Windows dan volume down seperti di ponsel android. Setelah menekan kedua tombol tersebut, layar akan berkedip dan hasil screenshot disimpan di folder screenshots.

Snip Editor

Pilihan lain, Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus seperti Snip Editor maupun Microsoft Snip yang diklaim menawarkan fitur dan fungsi yang lebih dari yang ditawarkan oleh Snipping Tools bawaan Windows. Kamu memang bisa langsung mengedit hasil screenshot seperti menambah teks hingga rekaman suara, selain sekedar mengambil screenshot.

Itulah pilihan cara screenshot di komputer dan laptop Windows yang bisa Kamu coba. Sebelum mulai mengkamulkan fitur dan fungsi di atas, tak ada salahnya Kmau mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan Windows kompatibel dengan perintah atau kombinasi tombol yang Kamu gunakan.

wordpress themes crackeddownload wordpress themeswordpress plugins nulledlynda course free downloadwordpress themes crackedwordpress plugins nulledwordpress plugins nulledfree download udemy coursefree download lynda coursefree download wordpress plugins

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here