Flashdisk Tidak Bisa Menyimpan File

Penyebab dan Cara Atasi Flashdisk Tidak Bisa Menyimpan File

Tentu menjengkelkan saat flashdisk tidak bisa menyimpan file di tengah pekerjaan yang sedang menunggu. Perangkat penyimpanan portabel yang satu ini memang masih jadi kamulan banyak orang untuk keperluan menampung dan mengelola file.

Sayangnya hal ini tak membuat flashdisk luput dari permasalahan yang kemudian membuatnya tidak berfungsi sesuai harapan. Lalu bagaimana mengatasinya?

Kenali Penyebab Flashdisk yang Bermasalah

Flashdisk tidak bisa menyimpan file bisa dikatakan sebagai sebuah gejala bahwa ada masalah dengan perangkat tersebut. Tentunya, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab masalah pada flashdisk terlebih dahulu untuk menemukan solusi yang efektif. Dan hal yang menjadi pemicu masalah pada perangkat portable ini ternyata, cukup beragam. Kamu pun perlu menganalisa dengan tenang.

Penyebab masalah ini sejatinya juga bisa Kamu ketahui dari peringatan yang muncul dari komputer pada saat akan menyimpan file ke dalamnya. Namun ada pula yang sulit untuk diketahui, karena tidak ada notifikasi apapun atau bahkan flashdisk sama sekali tidak terdeteksi oleh komputer maupun smartphone. Nah penyebab yang biasanya terjadi antara lain:

File Sistem (Format) Flashdisk yang Tidak Sesuai

Hal ini bisa terjadi pada flashdisk yang biasanya digunakan untuk keperluan instalasi OS atau flashdisk jadul dengan jenis file system lawas. File system yang tidak sesuai bisa saja membuatnya  tidak dikenali oleh Windows atau tidak mendukung operasi tertentu, seperti salin sebuah file besar di atas 4GB. Namun apabila flashdisk tersebut tidak pernah diutak-atik file system sebelumnya, besar kemungkinan bukan jenis file system yang memicu masalahnya.

Bad Sector

Flashdisk yang digunakan sangat intens di lingkungan yang keras ternyata juga bisa mengalami salah bad sector seperti pada Harddisk komputer. Untuk masalah ini, flashdisk masih terbaca oleh komputer, hanya saja beberapa file yang kebetulan tersimpan di bagian yang mengalami bad sector tersebut akan ikut rusak dengan pesan peringatan corrupt atau error lain. Flashdisk yang mengalami bad sector biasanya juga memperlihatkan gejala seperti tidak dapat membuat folder baru, file tidak bisa dihapus dari flashdisk atau bahkan flashdisk tidak bisa menyimpan file.

Write Protected

Beberapa produk flashdisk di pasaran, utamanya yang dibuat oleh produsen terkemuka, dilengkapi dengan lapisan proteksi tertentu, misalnya menjadi Write Protected. Lapisan ini dapat terpicu misalnya karena dicabut paksa tanpa melakukan eject atau safely remove dari Windows Explorer atau dari Tray.

Baca Juga  Cara Membuat Simbol Kurang Lebih di Word

Setelah proteksi terpicu, setiap kali Kamu mencoba paste file ke flashdisk tersebut akan muncul pesan peringatan “the disk is write protected” sehingga flashdisk tidak dapat diisi file, tidak bisa dihapus isinya bahkan tidak dapat diformat.

Flashdisk Palsu

Harga flashdisk yang lebih murah memang bisa saja membuat siapapun terlena. Namun harga yang murah tersebut, bisa saja karena barang yang Kamu beli adalah palsu. Jika flashdisk yang Kamu tersebut palsu, tak menutup kemungkinan spesifk yang dicantumkan juga menyesatkan. Harapannya bisa menampung hingga 64GB, ternyata hanya berapa ratus MB saja. Hasilnya, pada saat kapasitas aslinya penuh, muncul berbagai pesan error, file tak tersimpan bahkan fle hilang saat flashdisk dicabut.

Disembunyikan Virus

Flashdisk tidak bisa menyimpan file, namun kapasitasnya berkurang? Bisa jadi karena file yang Kamu salin barusan disembunyikan oleh virus. Flashdisk yang sering lepas pasang komputer asing atau umum berisiko lebih tinggi terinfeksi virus, tak terkecuali yang menunjukkan gejala seperti ini. Virus bisa saja menyamarkan file menjadi file system sehingga tidak ditampilkan oleh Windows.

Solusi Flashdisk Tidak Bisa Menyimpan File

Dari berbagai penyebab yang disebutkan serta gejala yang diperlihatkan, Kamu bisa mengenali mana kira-kira yang sedang Kamu alami. Untuk mencoba mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya sebagai berikut:

  • Mengganti file system atau jenis format pastisi flashdisk tersebut sesuai dengan penggunaan, misalnya dirubah menjadi NTFS.
  • Melakukan perbaikan pada bad sector memanfaatkan software pengelolaan penyimpanan bwaan Windows. Kamu bisa melakukan klik kanan pada nama Flashdisk-mu untuk kemudian mengakses “Properties” dan melakukan perbaikan pada storage tersebut.
  • Meskipun ada trik untuk mengatasi flashdisk yang Write Protected, akan lebih baik jika Kamu ikuti petunjuk dari produsen untuk mengatasinya.
  • Menggunakan opsi folder options untuk menampilkan file yang tersembunyi di Windows Explorer jika Kamu curiga flashdiskmu terkena virus.

Itulah berbagai penyebab dan cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi flashdisk yang bermasalah hingga tidak bisa menyimpan file. Selanjutnya, coba untuk lebih hati-hati menggunakan flashdisk agar ia selalu bisa dikamulkan kapan saja saat diperlukan

Klik Kiri

"Banyak orang gagal dalam hidup karena tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah." -Thomas Edison.

Leave a Comment