Pengertian Komputer Server dan Client

Pengertian Komputer Server dan Client – Pengertian komputer server dan client mungkin termasuk hal yang jarang diketahui pengguna secara umum.

Sistem komputer seperti ini umumnya hanya digunakan pada skala instansi dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung untuk tujuaan tertentu.

Dalam sistem seperti ini, komputer server dan komputer client memiliki fungsi juga spesifikasi yang berbeda.

Pengertian Komputer Server dan Fungsinya

Komputer Server
img by google

Ditinjau dari pengertian bahasanya, server bisa diartikan sebagai pelayan atau peladen. Dalam suatu sistem jaringan, komputer server adalah unit komputer yang bertugas melayani (meladeni) permintaan dari komputer lain di dalam jaringan tersebut.

Permintaan yang datang dari komputer lain tersebut bisa berupa data yang disimpan dalam penyimpanannya, akses ke sumber daya ataupun perangkat keras lain dan sebagainya.

Untuk dapat memenuhi berbagai permintaan tersebut, komputer server atau yang juga sering disebut sebagai komputer induk umumnya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari komputer lainnya dalam jaringan tersebut.

Mulai dari kapasitas dan jenis penyimpanan yang lebih tinggi, prosesor yang lebih baik, sistem operasi lebih canggih lengkap dengan berbagai peripheral yang relevan untuk jaringan tersebut.

Berdasarkan pengertian tentang komputer server di atas, dapat dijabarkan beberapa fungsi utama dari perangkat ini diantaranya:

  • Bertanggung jawab memenuhi berbagai permintaan dari komputer lain (client)
  • Mengatur lalu lintas akses dan data
  • Menyediakan sumber daya (resource) baik berupa hardware maupun software untuk diakses bersama-sama
  • Menyimpan data yang kemudian diakses bersama-sama antara server ke komputer client melalui fitur file sharing
  • Mengatur tingkatan hak akses yang diterapkan dalam sebuah jaringan agar tidak setiap komputer client bisa mengakses seluruh data yang tersimpan dalam server
  • Menyediakan lapisan perlindungan berupa firewall dan sebagainya untuk mengamankan unit komputer client dari ancaman malware

Berdasarkan penggunaannya, komputer server kemudian berkembang menjadi beberapa jenis secara umum diantaranya sebagai webserver, server game, server database, server printer, proxy server dan sebagainya.

Pengertian Komputer Client dan Fungsinya

Komputer Client
img by google

Melalui penjelasan tentang pengertian komputer server di atas, mungkin Kamu sudah memiliki sedikit gambaran tentang komputer client.

Komputer client merupakan perangkat yang digunakan untuk meminta akses maupun data seperti file, akses ke software dan hardware terpasang seperti printer, harddisk pada komputer server.

Baca Juga  Download Academia EDU

Bisa juga dkatakan bahwa komputer client adalah komputer yang meminta akses ke sebuah komputer server.

Agar permintaan tersebut bisa diketahui dan dilayani oleh komputer induk (server), maka komputer client biasanya menjalankan software client khusus. Tanpa adanya software khusus yang telah diinisiasi dengan servernya, maka komputer lain yang terhubung dalam jaringan tidak dapat mengakses layanan server.

Perangkat client bisa mengambil file dari penyimpanan server setelah terlebih dahulu memformat permintaannya lalu mengirimkan ke program yang tengah berjalan di komputer server. Server yang menerima permintaan sesuai format tersebut akan mengirim file sesuai permintaan client.

Karena pada umumnya menjadi perangkat yang digunakan oleh banyak orang, maka kmputer client ini biasanya memiliki jumlah yang lebih banyak dibanding komputer server. Sementara untuk tujuan efisiensi, spesifikasi yang digunakan untuk komputer client biasanya juga tidak setinggi komputer server.

Tentu saja karena fungsinya adalah untuk memudahkan akses pengguna ke server secara masif. Misalnya, sebuah perusahaan hanya memiliki sebuah komputer server sementara komputer klien berjumlah sesuai dengan jumlah karyawan yang membutuhkan komputer.

Perbedaan antara Komputer Server dengan Komputer Client

Komputer server menyediakan seluruh informasi dan data yang kemudian dibagikan aksesnya ke sejumlah komputer client, tak heran jika kemudian komputer induk ini harus memiliki kemampuan yang tinggi.

Komputer server dengan spesifikasi kurang memadai akan menghambat kinerja sistem dan berujung pada seringnya terjadi masalah dalam jaringan tersebut.

Selain sekedar spesifikasi yang tinggi, ia juga harus dilengkapi dengan dukungan troubleshooting saat terjadi kerusakan pada jaringan. Hal ini karena koneksi dalam seluruh jaringan tersebut mengandalkan kinerja komputer server.

Saat terjadi masalah pada komputer server dan tak segera diatasi, maka jaringan akan menjadi lumpuh dalam waktu yang lama.

Dengan kebutuhan yang tinggi tersebut, jangan heran kalau Kamu menemukan komputer server yang menggunakan sistem operasi yang berbeda. Server menggunakan OS yang mengutamakan kinerja dan kesesuaian dengan kebutuhan jariingan.

Komputer client mungkin tak jauh berbeda dengan OS yang diinstal pada komputer umum yaitu Windows dan MacOS.

Itulah pengertian komputer server dan komputer client serta beberapa perbedaan diantara keduanya. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri dalam suatu jaringan.

Klik Kiri

"Banyak orang gagal dalam hidup karena tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah." -Thomas Edison.

Leave a Comment